Jumat, 23 Juni 2017

"TEKNIS LOMBA OLIMPIADE SD/MI"



JUKLAK DAN JUKNIS LOMBA
OLIMPIADE TEMATIK ISLAMI
( OTEIS 2017 )
Tingkat SD/MI se-Jawa Timur
A.    Syaarat Peserta
1.      Peserta adalah siswa/siswi yang terdaftar di sekolah yang akan mengikuti OTEIS.
2.      Setiap sekolah dapat mengirimkan perwakilan maksimal 3 orang siswa/siswi.
3.      Peserta terdiri dari kelas IV, V, atau VI.
4.      Setiap sekolah yang mengikuti OTEIS wajib didampingi oleh 1 guru pendamping.
5.      Setiap peserta wajib melampirkan fotokopi raport semester terakhir dan akta kelahiran.

B.     Mekanisme Pendaftaran
1.      Langsung
Pendaftaran dimulai tanggal 14 Agustus 2017- 2 Oktober 2017 dilakukan pada hari efektif (senin-jumat) mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB di gedung SC lt. 1 HMJ PGMI
Dengan membawa :
-          Formulir Pendaftaran
-          Foto bewarna ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar terbaru
-          Fotocopy akta kelahiran
Adapun pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di tempat.
2.      Online
a.       Pendaftaran dimulai tanggal 14 Agustus 2017- 2 Oktober 2017
b.      Peserta diwajibkan mengisi formulir online yang telah disediakan di website Pelangi 2017.
Website : Pelangipgmiuinmalang.blogspot.com
c.       Peserta diwajibkan mendownload formulir offline yang telah disediakan
d.      Cetak dan isi formulir (Formulir ini wajib dibawa saat daftar ualang/Herregistrasi di UIN Malang dengan membawa persyaratan yang telah di tentukan yaitu Foto bewarna ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar terbaru, Fotocopy akta kelahiran).
e.       Setelah mendaftar secara online,  peserta dapat membayar biaya pendaftaran di bank yang telah ditentukan. Adapun pembayaran online dapat ditransfer ke nomer  rekening berikut:
Bank : BRI
A.N : ADE BAGUS PERMANA PUTRA
No. Rek :2271-01-000211-50-5
f.       Konfirmasi Pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer ke Contact person panitia yang telah di sediakan.
g.      Pembayaran paling lambat kami terima adalah tanggal 2 oktober 2017

C.    Biaya pendaftaran
Biaya pendaftaran ontuk OTEIS 2017 adalah sebesar Rp.50.000/ peserta

D.    Daftar ulang
1.      Daftar ulang dilakukan dengan membawa formulir dan bukti pembayaranluntuk ditukarkan dengan nomor peserta olimpiade pada saat perlombaan berlangsung ( dengan membawa : 2 lembar foto 3x4, 1 lembar fotokopi kartu pelajar atau hasil raport terakhir, 2 lembar fotokopi kwitansi pendaftaran).
2.      Registrasi dilaksanakan sebelum Lombah mewarnai dimulai pada saatpelaksanaan PELANGI2017
3.      Bagi calon peserta yang mendaftar yang mendaftar tetapi tidak melakukan registrasi ulang, maka dianggap tidak terdaftar sebagai peserta

E.     Technical Meeting
1.      Setiap peserta yang mendaftarkan diri diwajibkan untuk mengikuti technical meeting, apabila berhalangan hadir bias diwakilkan oleh pembimbing atau pembina, yang akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal          :Jum’at, 13 Oktober 2017
waktu                    : 08.00 - selesai
tempat                   :Aula Micro teaching lt 2
2.      Peserta yang tidak mengikuti tenchnical meeting atau tidak mengirimkan perwakilannya dianggap menyetujui hasil technical meeting.
3.      Setiap peserta atau perwakilan diwajibkan hadir selambat-lambatnya 15 menit sebelum acara dimulai.

F.     Peraturan Lomba
1.      Peserta wajib hadir di tempat lomba 15 menit sebelum perlombaan dimulai.
2.      Peserta wajib memakai pakaian yang rapi dan sopan.
3.      Peserta wajib membawa alat tulis masing-masing berupa bolpoint guna menjawab pertanyaan dikertas yang telah disediaan oleh panitia.
4.      Peserta mengikuti babak penyisihan dengan menjawab 50 pertanyaan tertulis.
5.      50 peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke babak selanjutnya dengan menjawab 40pertanyaan tertulis.
6.      15  peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke semi final dengan menjawab 30pertanyaan tertulis .
7.      3 peserta dengan nilai tertinggi akan lolos ke final dengan menjawab pertanyaan secara lisan
8.      Peserta dengan skor tertinggi akan menjadi pemenang pada OTEIS  tahun 2017
9.      Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat
10.  Peserta atau guru pembimbing dapat melakukan intrupsi.
11.  Macam-macam intrupsi :
a.       Intrupsi peraturan perlombaan yaitu mengingatkan kembali peraturan perlombaan jika pelaksanaannya tidak sesuai.
b.      Intrupsi soal yaitu mengoreksi soal yang salah atau kurang jelas.
12.   Waktu pengajuan intrupsi diajukan tepat setelah terjadinya kesalahan.
13.  Intrupsi dierima setelah dipersilahkan oleh juri.
14.  Intrupsi ditolak jika melebihi batas waktu pengajuan dan tidak disertai dengan alasan yang kuat.
15.  Peserta memakai seragam sekolah yang berlaku di sekolah masing-masing pada saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan OTEIS  2017.
16.  Pada saat OTEIS  berlangsung, peserta  tidak diperkenankan membawa alat komuniasi, gadget, catatan dalam bentuk apapun, kalkulator, table matematika, atau alat bantu lainnya.
17.   Peserta menjawab soal secara individu tanpa bantuan dari guru pembimbing atau dari pihak luar.
18.  Peserta dilarang bekerjasama dalam bentuk bentuk apapun.
19.  Peserta dilarang membuat kegaduhan dalam bentuk apapun, bagi peserta yang membuat kegaduhan akan diberi peringatan selama dua kali, jika lebih dari itu maka peserta akan didiskualifikasi dari OTEIS  2017.
20.  Bagi peserta yang mencontek atau melakukan kecurangan dalam bentuk apapun akan didiskualifikasi dari OTEIS  2017.
21.  Peserta yang izin keluar ruangan dihimbau agar melapor pada panitia OTEIS 2017.
G.    Tahapan Perlombaan
OTEIS ini dibagi menjadi 4 babak  yaitu penyelisihan, babak kedua, semi final dan final.
1.      Babak penyelisihan
a.       Dilaksanakan pada hari Sabtu 14 oktober 2017 pukul 10.00-12.00 WIB bertemapat di Aula Micro Teaching UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
b.      Babak penyisihan dilalakukan melalui tes tulis yang dikerjakan oleh peserta lomba pada lembar kertas yang diberikan panitia dengan waktu yang telah ditentukan
c.       Soal berasal dari materi kels IV, V dan VI
d.      Materi soal terdiri dari soal pelajaran tematik dan agama

2.      Babak kedua
a.       Dilaksanakan padahari sabtu 14 oktober 2017 pukul 14.00- 16.00 WIB bertempat di Ruang Aula Micro Teaching UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
b.      Babak kedua ini diikuti oleh 50 peserta dengan nilai tertinggi dari babak sebelumya
c.       Babak kedua ini dilakukan melalui tes tulis yang dikerjakan oleh peserta lomba pada lembar kertas yang diberikan panitia dengan waktu yang telah ditentukan
d.      Materi soal yang disediakan mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding babak sebelumya
3.      Babak ketiga ( semi final)
a.       Dilaksanakan pada hari Minggu 15 oktober pukul 07.00 WIB- 09.00 WIB di Aula Micro teaching lantai 2 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
b.      Babak semi final ini diikuti oleh 15 peserta  dengan nilai tertinggi dari babak sebelumya
c.       Babak semi final ini dilakukan melalui tes tulis yang dikerjakan oleh peserta lomba pada lembar ketas yang diberikan panitia dengan waktu yang telah ditentukan,
d.      Materi soal yang disediakan mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi dibanding babak sebelumya
4.      Babak  Final
a.       Babak final dilaksanakn pada hari Minggu 15 Oktober 2017 Pukul 10.30- 12:30 WIB bertempat di Aula Micro Teaching UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
b.      Babak final diikuti oleh 3 peserta yang masih bertahan
c.       Babak final terdapat beberapa sesi yakni:
·         10 pertanyaan  adalah pertanyaan yang diberikan pada setiap peserta. Setiap soal yang  salah  tidak di beri poin minus
·         10 pertanyan  adalah pertanyaan  lempar- lemparan. Peserta yang tidak bisa menjawab dilempar ke peserta lain dan  ketika jawaban salah, maka diberi nilai minus
·         5 pertanyaan adalah soal adu cepat.
d.      Soal berdasarkan materi kelas IV, V, VI  yang terdiri dari  pelajaran Tematik dan Agama  dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari soal-soal babak sebelumya

H.    Kriteria Penilaian
a.       Penilaian pada babak penyisihan adalah ketepatan peserta dalam menjawab pertanyaan
b.      Aspek yang diniilai dalam babak final adalah ketepatan untuk sesi pertama dan kedua, kecepatan untuk sesi yang ke tiga.
c.       Setiap butir soal pada babak final akan mendapat 20 poin
d.      Untuk jawaban yang salah akan dikurangi 5 poin
e.       Peserta yang berhak menjadi juara adalah peserta dengan nilai yang tertinggi pada babak final. 
f.       Pemenang akan diumumkan langsung pada akhir acara.

I.       Pelaksanan Kegiatan
No
Hari
Waktu
Acara
Keterangan

1

Sabtu 14 oktober 2017
08:30 - 09:30 WIB
Regristrasi Peserta OSAMA 2016
Depan Aula micro teaching
2
Sabtu 14 oktober 2017
09:40-09:50 WIB

Sistematika lomba
Aula Micro teaching Lt2
3
Sabtu 14 oktober 2017
10:00-12:00 WIB
Pelaksanaan babak penyisihan
Aula Micro Teaching Lt2
4
Sabtu 14 oktober 2017
13:00- 14:00 WIB
Pengumuman babak penyisihan
Depan Aula Micro Teaching Lt2
5
Sabtu 14 oktober 2017
14:00-16:00 WIB
Pelaksanaan babak penyisihan ke 2
Aula Micro Teaching Lt2
6
Sabtu 14 oktober 2017
17.00– 17.30 WIB
Pengumuman babak penyisihan ke 2
Depan Aula Micro Teaching Lt2
7.
Minggu 15 0ktober 2017
07.00- 09.00 WIB
Pelaksanaan babak semi final
Aula Micro Teaching Lt2
7.
Minggu 15 0ktober 2017
09.30-10.00 WIB
Pengumuman babak semi final
Depan Aula Micro Teaching Lt2
8
Minggu 15 0ktober 2017
10.30- 13.00 WIB
Pelaksanaa babak final dan pengumuman pemenag lomba
Aula Micro Teaching Lt2

J.      Hadiah
a.       Juara 1 : Trophy + Sertifikat + Uang pembinaan.
b.      Juara 2 :  Trophy + Sertifikat + Uang pembinaan.
c.       Juara 3 : Trophy + Sertifikat + Uang pembinaan.

K.   Fasilitas peserta
a.       Sertifikat
b.      Konsumsi
c.       Stiker
d.      Co.card

L.     Lain- Lain
a.       Hubungi contact person panitia pendaftaran:
Ade : 085645444269
Zahrah : 0895388272820
Vikhas : 082228075727
b.      Kunjungi
Instagram: Pelangipgmi
Facebook :Pelangi PGMI 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

^^

^^
"Iman bukan hanya urusan kontrak ritual, lebih dari itu bagaimana iman mampu menghadirkan cahaya kemanusiaan"